7 Tanda dan Gejala Ginjal Tidak Sehat

Tubuh seringkali menunjukkan sinyal bahwa ginjal gagal berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang paling penting. Kerusakan salah satu dari ginjal dapat mempengaruhi seluruh fungsi tubuh.

7 Tanda dan Gejala Ginjal Tidak Sehat

Jika dideteksi sejak dini, gagal ginjal dapat dicegah. Ada tanda-tanda tertentu dan gejala pada tubuh yang menunjukkan ginjal anda berada dalam bahaya dan gagal berfungsi dengan baik.

Ginjal adalah dua organ berbentuk serupa dan berukuran seperti kacang yang hadir dalam tubuh manusia. Fungsi utama dari ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dari darah dan menghilangkan racun dari tubuh.

Ginjal juga membantu dalam menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Saat ginjal berhenti melakukan tugasnya secara normal, seseorang bisa dipastikan akan menderita banyak masalah kesehatan.

Menjaga asupan pada apa yang kita makan sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak adalah salah satu jenis makanan yang bisa mempengaruhi ginjal.

Lantas, tanda-tanda apa saja yang bisa dilihat dan dirasakan oleh tubuh yang menunjukkan ginjal tengah dalam bahaya?

1. Nyeri Punggung
Rasa nyeri terutama di daerah punggung atas harus ditanggapi dengan serius. Ini adalah titik di mana ginjal berada. Jadi, ketika ginjal mengalami suatu hal, atau tengah tidak berfungsi normal, maka itu akan menyebabkan nyeri punggung.

2. Kelelahan
Ginjal bertanggung jawab untuk produksi hormon yang disebut Erythropoietin yang bertanggung jawab untuk produksi sel darah merah yang membantu dalam pasokan oksigen ke tubuh.

Jadi, ketika ginjal gagal melakukan fungsi ini, hal itu menyebabkan kelelahan. Selain kelelahan, anda juga bisa merasakan lemas dan lesu berat.

3. Sesak Nafas
Ketika cairan dan limbah produk tak terbuang sempurna dan justru terakumulasi di paru-paru, suplai oksigen dalam tubuh akan terpengaruh dan hal ini biasanya terjadi karena gagal ginjal. Kondisi akumulasi inilah yang nantinya menyebabkan sesak napas.

4. Pembengkakan Tangan & Kaki
Bila ginjal tidak mampu menyaring cairan dari tubuh, cairan akan terakumulasi dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan tidak hanya tangan dan kaki tetapi juga bagian lain dari tubuh. Hal ini perlu anda waspadai.

5. Masalah Urine
Ketika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, maka organ tersebut juga tidak akan mampu mengekskresikan urin normal. Selain itu, anda perlu memeriksa warna urin. Jika urin anda berwarna gelap, berbusa atau pucat itu bisa menjadi tanda dari masalah ginjal.

6. Kehilangan Nafsu Makan
Ketika ginjal tidak mampu menyaring produk limbah dari tubuh, anda akan kehilangan nafsu makan karena kondisi ini. Selain itu anda akan terus menerus mengalami adanya rasa tidak enak di mulut.

7. Iritasi Kulit & Kulit Kering
Ketika ginjal tidak mampu mengeluarkan produk-produk limbah dan cairan dari darah dapat menyebabkan iritasi kulit yang parah, rasa kering yang sangat dan gatal. Ini adalah salah satu tanda bahwa ginjal gagal melakukan tugasnya.

(mw/kr)