10 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan (imunitas), jaringan interaktif organ, sel dan protein adalah pertahanan utama tubuh terhadap virus, bakteri atau zat asing lainnya. Ketika sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, anda akan tetap sehat dan peluang untuk sakit semakin kecil.

10 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sedangkan saat kinerja sistem kekebalan tubuh terganggu, anda menjadi rentan terhadap penyakit, infeksi, dan masalah kesehatan lainnya. Untuk menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh, penting untuk mengonsumsi makan sehat, istirahat yang cukup dan tidur nyenyak.

Namun, selain pola makan yang baik dan tidur berkualitas, ada banyak hal-hal kecil yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh. Berikut adalah 10 kebiasaan sederhana yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

1. Menjaga Kebersihan Sejak Dini
Kebiasaan sederhana pertama yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh adalah kebersihan diri sendiri. Kebersihan diri akan membantu melawan kuman menyerang dan mencegah infeksi.

Pada saat yang sama, anda akan menghindari penyebaran kuman ke orang lain. Cuci tangan anda sesering mingkin, terutama setelah menyentuh benda-benda yang mungkin mengandung bakteri dan kuman.

2. Minum Banyak Air
Tidak peduli seberapa banyak anda makan makanan bergizi, hal itu tidak akan ada gunanya jika anda tidak minum air yang cukup. Salah satu manfaat air minum adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh, yang memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh anda.

Air membantu membuang racun keluar dari tubuh dan memastikan bahwa sel-sel dan organ mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan dapat berfungsi dengan baik.

3. Tertawa
Jika emosi negatif seperti marah dan kesedihan dapat mengganggu kesehatan, tertawa justru sebaliknya. Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, yang pada gilirannya akan memberikan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi.

4. Mandi Sinar Matahari
Sinar matahari membantu produksi vitamin D, vitamin yang membantu mempromosikan kekebalan tubuh. Vitamin ini mendukung berfungsinya sel T yang membangun kekebalan dalam melawan organisme jahat. 

Jika tingkat vitamin D rendah dalam darah, anda berisiko menderita infeksi dan penyakit seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

5. Selalu Berpikiran Positif
Bersikap optimis, gembira dan selalu positif adalah salah satu cara agar tetap sehat. Sistem kekebalan tubuh membutuhkan banyak isyarat positif dari pikiran dan perasaan kita. Bahkan, sikap positif telah terbukti meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh.

6. Mulai Hari dengan Sarapan
Sarapan penting bagi kesehatan, tetapi makan sesuatu yang sehat jauh lebih penting. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan mengonsumis makanan sehat saat sarapan. Sayuran dan buah-buahan dikatakan memiliki dua kali lipat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Sistem kekebalan tubuh membutuhkan beberapa nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Antioksidan, vitamin C, E, A, dan selenium adalah beberapa nutrisi yang dapat anda temukan dalam sayuran dan buah-buahan.

7. Meditasi
Meditasi ternyata juga berguna menjaga sistem kekebalan tubuh. Meditasi menciptakan kondisi mental yang positif bagi sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan meditasi juga meningkatkan antibodi yang membuat fungsi sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

8. Latihan, Olahraga, dan Berjalan Kaki
Latihan dan olahraga adalah salah satu cara yang paling penting dalam mempromosikan kekebalan tubuh. Jika anda tidak punya waktu untuk latihan intens, berjalan kaki harian 30 menit bisa anda coba agar organ di tubuh berfungsi dengan baik.

9. Mendengarkan Musik
Kebiasaan lain yang bisa membuat anda sehat adalah mendengarkan musik. Ketika anda mendengarkan musik, ada peningkatan antibodi immunoglobulin A dalam tubuh. Antibodi ini berperan penting dalam sistem mukus dan menjaga sel-sel sehat.

10. Hindari Gula
Jika anda ingin kondisi kesehatan yang lebih baik dan imunitas yang tinggi, satu hal kecil yang dapat membuat banyak perbedaan adalah membatasi konsumsi gula pada makanan yang anda makan. Kebiasaan ini akan terasa manfaatnya dalam jangka panjang.

(mw/kr)