septa store

9 Manfaat Olahraga Badminton bagi Kesehatan

Badminton atau bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Prestasi membanggakan yang ditunjukkan oleh anak bangsa di level internasional membuat olahraga ini menjadi tontonan yang paling ditunggu di layar kaca.


Selain itu, badminton termasuk olahraga yang menyenangkan dan mudah untuk dimainkan, mulai anak-anak sampai lanjut usia. Tak hanya itu, dibandingkan dengan pergi ke gym atau tempat olahraga lainnya, bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang murah dan bisa dilakukan di mana saja.

Jadi, tak harus di tempat atau pusat olahraga, bila Anda memiliki halaman depan rumah yang besar, Anda bisa bermain atau memainkan bulutangkis ini di depan rumah. Lalu, apa saja sih manfaat dari bulutangkis ini?

Agar Anda tak penasaran, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bermain bulutangkis yang belum Anda ketahui. Selain murah dan menghibur, badminton layak dinobatkan sebagai olahraga dengan segudang manfaat kesehatan.

Manfaat Kesehatan Bermain Bulutangkis


Bermain bulutangkis selama satu jam membantu dalam pembakaran 480 kalori (yang tertinggi di antara semua olahraga) dan jika Anda sudah terbiasa melakukannya setiap hari, maka Anda dapat menurunkan berat badan minimal 4 kg dalam waktu satu bulan.

Badminton merupakan olahraga sangat melelahkan dan hampir semua otot dalam tubuh digunakan saat bermain bulutangkis. Jika Anda berolahraga bulutangkis dalam waktu yang optimal, maka Anda akan memiliki berat badan yang ideal, seperti halnya para atlet bulutangkis.

  • Pembentukan otot dan memepertahankan kebugaran 
Baik itu smash atau drop, setiap tembakan dalam badminton sangat membantu dalam pembentukan otot dalam tubuh Anda. Jadi, jika Anda ingin membuang semua timbunan lemak di sekitar pinggang Anda, maka setengah jam bermain badminton yang dilakukan setiap hari sudah cukup untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Olahraga ini sangat bagus untuk pembentukan otot di betis, pantat, paha depan dan paha belakang. Lakukan olahraga ini secara rutin, niscaya Anda akan memiliki bentuk tubuh yang bagus.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh
Badminton membantu dalam meningkatkan fungsi kardio paru-paru. Dalam istilah awam berarti hal itu membuat tubuh Anda memiliki kebiasaan berkeringat secara alami.

Racun keluar dari tubuh melalui keringat dan membuat Anda merasa ringan dan segar. Hal itu berarti metabolisme Anda berjalan dengan baik.

  • Meningkatkan gerak refleks, intelejensi, dan produktivitas
Membiasakan diri berolahraga badminton membuat Anda lebih waspada dan membantu Anda focus dan berkonsentrasi, terutama pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tangan. Olahraga ini juga membuat Anda lebih cekatan dan kuat terhadap stres fisik.

  • Mengoptimalkan fungsi jantung 
Seringkali dinding jantung kita tersumbat karena tingginya tingkat kolesterol. Badminton bermanfaat dalam memperkuat otot-otot jantung. Bahkan orang-orang dengan masalah jantung dianjurkan bermain bulu tangkis sesuai dengan pengawasan medis yang tepat.

Bermain bulu tangkis membantu dalam pertumbuhan sel-sel yang membentuk tulang dan membantu dalam mengumpulkan matriks kalsium yang memperkuat penampilan fisik secara keseluruhan.

  • Mengurangi kemungkinan risiko terkena diabetes
Badminton membantu dalam meningkatkan aktivitas fisik. Bermain badminton selama satu jam cukup untuk menurunkan kadar gula darah. Olahraga ini juga berkhasiat mengurangi produksi keseluruhan gula oleh hati yang membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

  • Mengurangi efek hipertensi tanpa medis
Mengurangi efek hipertensi tanpa obat-obatan medis adalah sebuah hal yang mustahil bila Anda seorang pasien yang telah kecanduan obat hipertensi. Namun, badminton mampu menurunkan tekanan darah dan menghasilkan bahan kimia yang melawan sifat adiktif obat.

  • Meningkatkan fungsi paru-paru
Badminton rupanya meningkatkan fungsi paru-paru yang cukup signifikan dan membantu dalam mengurangi ketergantungan pada obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi dengkuran saat tidur. Dengan badminton, sistem pernapasan Anda jadi lebih sehat dan tarikan napas jadi lebih ringan.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kesehatan dari bermain badminton. Kini, tak ada alasan lagi Anda untuk menunda berolahraga karena Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa.

(mw/kr)