8 Tanda dan Gejala Gagal Ginjal yang Wajib Diwaspadai

Gejala Gagal Ginjal | Demi kesehatan jangka panjang, menjaga organ-organ penting dalam tubuh seharusnya sudah menjadi kewajiban Anda dan tak bisa begitu saja diabaikan. Ginjal adalah salah satu bagian yang paling penting dari tubuh manusia.

8 Tanda dan Gejala Gagal Ginjal

Fungsi utama organ ginjal adalah untuk detoksifikasi dan membersihkan sistem dalam tubuh Anda. Nah, pada kegiatan dan aktivitas sehari-hari, ginjal menyaring sekitar 10-150 bagian dari total darah seluruhnya.

Tugas utama ini dilakukan oleh ginjal sehingga membuatnya sangat penting untuk membantu menghilangkan limbah. Dengan demikian ginjal memainkan peran vital dalam membentuk sirkulasi darah yang sehat. Ginjal juga berfungsi dengan menghapus jumlah kelebihan limbah dan cairan dari tubuh.

Selain itu, fungsi organ ginjal juga termasuk menjaga kesehatan tulang, menyeimbangkan elektrolit, meningkatkan jumlah sel darah merah dan menstabilkan tekanan darah.

Jadi, sangat penting ginjal harus dirawat dan dipelihara dengan baik. Jika ada kesalahan dalam fungsi ginjal, maka seluruh tubuh bisa terkena imbasnya.

Ada gejala tertentu yang menunjukkan bahwa ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, dan karena itu maka harus segera diatasi. Karena jika tidak, sistem dalam tubuh Anda pun akan terganggu. Tekanan darah tinggi, riwayat keluarga gagal ginjal dan diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Oleh sebab itu, adalah penting bagi Anda untuk menjaga ginjal Anda berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa gejala utama yang mengindikasi seseorang mengalami gagal ginjal.

Ciri dan Gejala Gagal Ginjal


  • Perubahan dalam warna urine dan frekuensi buang air kecil
Urine Anda mungkin bisa saja tiba-tiba berbusa atau kadang-kadang berwarna gelap. Anda juga mungkin mengalami kesulitan saat buang air kecil. Tanda gagal ginjal biasanya volume air kencing Anda berubah secara tiba-tiba, bisa lebih sedikit atau lebih banyak.

  • Pembengkakan tungkai dan sendi
Gejala gagal ginjal lainnya yaitu anggota tubuh Anda mengalami pembengkakan, seperti sendi, tungkai, bahkan wajah Anda. Hal ini terjadi ketika fungsi ginjal tiba-tiba melemah dan kelebihan cairan yang sepatutnya dihilangkan dari tubuh.

  • Sering sesak napas
Jika Anda sering tiba-tiba merasa sesak napas atau susah menghirup udara, maka kondisi ini bisa jasi menunjukkan adanya gejala gagal ginjal. Penyebab utamanya karena adanya akumulasi racun dalam tubuh sehingga terjadi penurunan sel darah merah dalam tubuh. Jadi, tubuh tidak akan mampu menjaga kadar oksigen.

  • Rasa logam dalam mulut
Rasa logam di mulut terjadi ketika limbah dalam darah mengubah rasa makanan. Ini juga akan menyebabkan bau napas yang tidak enak. Perubahan tiba-tiba dalam pola makan dan nafsu makan yang buruk bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada ginjal.

  • Hilangnya ingatan dan sering pusing
Jika Anda menderita ginjal gagal, akan ada pengurangan jumlah oksigen yang masuk ke otak. Hal ini akan menyebabkan pusing, mudah lupa, konsentrasi yang buruk dan sakit kepala berkepanjangan.

  • Nyeri yang ekstrim
Tubuh akan disiagakan dengan rasa sakit yang kuat di bagian bawah tulang rusuk. Jika Anda memiliki batu ginjal atau menderita infeksi saluran kemih, maka nyeri akan terasa lebih parah. Orang yang terkena batu ginjal biasanya merasa pegal-pegal saat bangun tidur.

  • Sering merasa kelelahan
Bila ginjal sehat, organ ini menghasilkan hormon yang meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini akan meningkatkan jumlah oksigen yang bergerak melalui tubuh.

Jika ada pengurangan jumlah sel darah merah, maka ini dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah otak.

(mw/kr)