7 Kondisi Mata dan Artinya Terhadap Kesehatan

Mata adalah jendela jiwa. Mata akan menjadi petunjuk karakter seseorang. Bahkan, hanya dengan menatap mata, anda sudah bisa membaca isi hati orang tersebut.

7 Kondisi Mata dan Artinya Terhadap Kesehatan

Tidak hanya soal kepribadian, mata juga mampu mengungkap banyak hal tentang kesehatan anda. Misalnya, salah satu gejala dari penyakit kuning adalah munculnya semburat kuning pada bagian putih mata anda. Itu berarti organ hati anda tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, segera setelah anda melihat perubahan pada mata anda, segera berkonsultasi dengan dokter. Nah, berikut beberapa kondisi mata yang memiliki arti penting bagi kondisi kesehatan.

7 Jenis Gangguan Kesehatan Mata


  • Rambut Alis Rontok
Penuaan, stres atau kekurangan gizi bisa menjadi salah satu penyebab rambut alis mengalami kerontokan. Kebotakan alis dapat dialami siapapun, meskipun kondisi ini mempengaruhi tidak lebih dari 0,1% dari populasi orang di dunia ini.

Selain itu, hipotiroidisme, juga disebut tiroid kurang aktif atau tiroid yang rendah, yang dapat menyebabkan rambut pada alis rontok.

  • Titik Buta
Blind spot di bidang pandang anda disertai dengan floaters mata dan penglihatan kabur juga merupakan pertanda kesehatan mata anda memburuk. Kondisi ini menjadi suatu pertanda masalah kesehatan yang menakutkan.

Blind spot mungkin sering disertai gejal migrain, terutama jika gangguan penglihatan anda diikuti oleh adanya kilau berupa titik-titik atau garis bergelombang.

  • Mata Melotot
Mata melotot disebut juga proptosis atau exophthalmos. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyakit Graves, gangguan yang menyebabkan aktivitas kelenjar tiroid menjadi berlebih. Salah satu gejala yang membuat mata tampak menonjol meskipun saat anda memejamkan mata.

  • Gangguan Penglihatan 
Jika anda mengalami gangguan penglihatan, atau jika penglihatan anda tiba-tiba kabur dengan tiba-tiba tanpa rasa sakit, anda harus segera menemui dokter spesialis mata.

  • Bagian Putih Mata Berubah Jadi Kuning
Penyakit hati dapat menyebabkan kadar bilirubin menjadi abnormal dan sangat tinggi. Tingkat bilirubin yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit kuning, yang menyebabkan kulit, dan terutama bagian putih mata menjadi berwarna kuning. Bila anda melihat bagian putih mata anda menjadi kuning, segera hubungi dokter.

  • Benjolan pada Kelopak Mata
Sty permanen atau benjolan yang muncul pada kelopak mata menyebabkan rasa sakit dan iritasi dan umumnya hilang dalam beberapa hari, tetapi dalam beberapa kasus mungkin akan berlangsung dalam waktu lama.

Benjolan pada kelopak mata muncul karena kelenjar sebaceous tersumbat. Jika benjolan berlanjut untuk waktu yang lama, itu bisa menjadi gejala dari kanker kelenjar sebaceous, sehingga anda perlu memeriksakannya dokter.

  • Penglihatan Kabur
Gangguan kesehatan ini terjadi sebagai akibat dari menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer, smartphone atau menonton televisi. Bahkan, ada istilah untuk menggambarkan gangguan penglihatan seperti ini, namanya 'ketegangan mata digital' atau 'sindrom mata kering'. Berkonsultasilah dengan dokter bila kondisi ini terjadi terlalu sering.

Nah, itu tadi beberapa kondisi mata dan artinya terhadap kesehatan. Selain meminimalisasi kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan mata, biasakan juga untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin A.

(mw/kr)