septa store

7 Cara Alami Menyembuhkan Mimisan Dengan Cepat

Mimisan adalah keadaan dimana darah keluar dari lubang hidung yang terkadang diikuti rasa sakit, tetapi terkadang pula tidak terasa apapun, alias tidak diikuti rasa sakit. Seringkali orang yang akan panik saat mengalami mimisan karena melihat darah keluar dari hidungnya.

7 Cara Alami Menyembuhkan Mimisan Dengan Cepat

Mimisan juga bisa terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Mulai dari yang ringan sampai parah dimana mimisan terjadi selama sekitar 10-15 menit. Dalam kasus mimisan parah, orang cenderung merasakan sakit kepala atau pusing, lemah, bahkan beberapa diantaranya langsung pingsan.

Apa Penyebab Mimisan?

Ada beberapa penyebab mengapa mimisan bisa terjadi. Kekeringan ekstrim dari membran hidung merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan mimisan. Reaksi alergi, reaksi kimia, bersin terus menerus, merokok berlebihan dan penggunaan alkohol adalah beberapa faktor yang menyebabkan kekeringan di hidung.

Selain itu, infeksi sinus juga jadi penyebab lain untuk kekeringan di hidung. Kekurangan gizi, perubahan hormonal, tekanan darah tinggi dan infeksi saluran pernapasan atas adalah kondisi-kondisi lain yang juga menyebabkan mimisan.

Hidung berdarah sekali atau dua kali mungkin baik-baik saja, tetapi ketika itu terjadi secara terus menerus, maka bisa menjadi penyebab keprihatinan. Jika hal ini terjadi maka lebih baik untuk segera memeriksakannya ke dokter. Berikut adalah daftar dari beberapa bahan di rumah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mimisan.

7 Bahan Alami untuk Mengobati Mimisan


  • Dongakkan Kepala ke Atas
Begitu hidung mengalami pendarahan, dongakkan kepala Anda cepat dan duduk di posisi tegak untuk sementara waktu. Hal ini membantu menghentikan mimisan dengan cepat. Pastikan Anda tidak membungkuk segera setelah perdarahan berhenti.

  • Kompres Dingin
Ambil beberapa es batu dan bungkus dalam handuk tipis bersih. Miringkan hidung Anda kembali dan kemudian tempatkan kompres tepat di atas jembatan hidung Anda. Biarkan selama sekitar 5 menit. Kompres dingin di bagian pembuluh darah akan dengan cepat membantu dalam menghentikan pendarahan.

  • Cuka Sari Apel
Ambil beberapa tetes cuka sari apel, rendam kapas kecil di dalamnya dan kemudian tempatkan kapas itu tepat di atas lubang hidung. Biarkan selama sekitar 5-7 menit. Hal ini akan membantu menghentikan pendarahan segera.

  • Bawang Merah
Bawang merah merupakan salah satu bahan terbaik dan cepat sebagai solusi untuk menghentikan perdarahan hidung dan membantu mengencerkan darah yang menggumpal. Ambil satu irisan bawang merah segar dan kemudian hirup aromanya.

  • Ketumbar
Ketumbar membantu dalam memberikan efek menenangkan pada saraf dan membantu dalam memberikan bantuan langsung mimisan. Ambil beberapa daun ketumbar, hancurkan dan buat menjadi pasta.

Oleskan pasta ini pada dahi Anda dan biarkan selama sekitar 5-7 menit. Ini membantu dalam memberikan efek pendinginan dan menghentikan perdarahan hidung.

  • Kemangi
Daun kemangi juga membantu dalam memberikan efek menenangkan pada saraf. Ambil beberapa daun kemangi, cuci dengan benar dan kemudian kunyah. Hal ini membantu dalam menghentikan pendarahan.

  • Baking Soda
Baking soda membantu mencegah perdarahan pada hidung akibat mimisan. Ambil setengah sendok teh baking soda, campur dengan setengah gelas air dan kemudian dengan lembut semprotkan pada hidung.

Demikian beberapa bahan alami untuk menghentikan mimisan dengan cepat. Tak perlu panik, jika Anda mengalami mimisan segera lakukan salah satu cara di atas, niscaya mimisan akan segera berhenti.

(mw/kr)