6 Hal yang Sebaiknya Dihindari Ketika Datang Bulan

Datang bulan adalah kondisi yang pasti dialami seorang wanita ketika mereka sudah mencapai masa pubertas. Pada beberapa perempuan, menstruasi datang tanpa dibarengi rasa sakit, tetapi untuk beberapa orang lainnya, datang bulan bisa menjadi mimpi buruk karena rasa sakitnya yang begitu menyiksa.

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari Ketika Datang Bulan

Bagaimana mencegah nyeri saat datang bulan?

Tindakan pencegahan memang beberapa dapat dilakukan. Namun ada juga sejumlah pantangan yang tidak boleh dilakukan ketika wanita tengah mengalami datang bulan.

Selain kram perut dan sakit yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, beberapa perempuan juga mengalami aliran darah berlebih saat menstruasi, perubahan suasana hati, sakit punggung yang tak bisa ditahan, sakit kepala dan iritasi. Semua kondisi ini tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman, tetapi juga mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Perut kembung selama haid disebabkan karena retensi air dalam jaringan. Kondisi ini mungkin tidak terlalu serius, tetapi jika dibiarkan terus berlanjut selama beberapa waktu maka dapat menyebabkan infertilitas alias kemandulan pada perempuan.

Berikut beberapa pantangan yang harus hindari dan tak boleh dilakukan ketika berada masa datang bulan.

  • Mandi Air Dingin
Jika Anda berada di masa menstruasi, sebaiknya hindari untuk mandi pakai air dingin. Mengapa? Sebab dengan mandi air dingin, hal tersebut akan semakin memperparah rasa sakit.

Maka dari itu selalu dianjurkan untuk mandi dengan air hangat, dan juga menerapkan kompres air panas di perut untuk membantu mengurangi rasa sakit dan kram.

  • Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit
Jika Anda mengalami rasa sakit luar biasa saat menstruasi, jangan mengonsumsi obat-obatan yang bertujuan untuk mengurangi rasa sakit yang tengah Anda alami. Hal ini justru akan menyebabkan peningkatan perdarahan.

  • Makan Makanan yang Tidak Sehat
Makanan yang berminyak dan mengandung banyak lemak harus benar-benar dihindari. Hal ini akan menyebabkan perut kembung dan rasa gelisah saat menstruasi. Sebaliknya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yng kaya akan serat seperti buah dan sayur.

  • Minum Soda
Minum soda yang kaya kandungan kafein, gula buatan, fruktosa dan pengawet lainnya harus benar-benar dihindari jika Anda sedang menstruasi. Hal ini akan menyebabkan perut kembung dan menyebabkan kegelisahan.

  • Makanan Asin
Penting untuk menghindari makanan yang sangat asin ketika Anda sedang datang bulan. Makanan yang kaya akan kandungan garam akan menyebabkan perut kembung. Ini akan membuat Anda tidak nyaman dan malas juga.

  • Stres
Stres adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi masa haid pada wanita. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa jika pikiran rileks dan tidak terbebani masalah, maka hal itu akan memudahkan siklus menstruasi. 

Oleh karena itu, perempuan sebaiknya menjaga diri dari stres selama masa datang bulan agar tidak tersiksa. Bahkan, stres juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

(mw/kr)
loading...