septa store

15 Manfaat Ubi Jalar untuk Penderita Diabetes

Setiap orang tentu tak ingin menderita penyakit diabetes. Penderita penyakit ini tak lagi bisa makan makanan sembarangan. Jika melanggar pantangan, maka risikonya adalah komplikasi penyakit.

Penderita diabetes juga harus membatasi asupan kalori. Makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi juga merupakan pantangan bagi para penderita diabetes. Karena kadar gula dalam darah tinggi, secara bertahap, akan merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, kebutaan sampai amputasi.

15 Manfaat Ubi Jalar untuk Penderita Diabetes

Meski demikian, pasien diabetes tetap harus mengonsumsi makanan berkarbohidrat meski dalam jumlah sedikit agar tubuh tetap berenergi dan tetap sehat. Contoh bahan makanan dengan karbohidrat terbaik untuk penderita diabetes adalah ubi jalar.

Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah dan dianggap sebagai salah satu bahan makanan terbaik untuk mengontrol diabetes. Mengonsumsi ubi jalar akan membantu dalam menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat.

Satu buah ubi jalar yang ditumbuk mengandung 58 gram karbohidrat dan 8,2 gram serat. Maka dari itu, ubi jalar dapat dianggap sebagai makanan terbaik untuk pasien diabetes. Ubi jalar dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Tapi harus diingat, konsumsilah dalam porsi yang tepat.

Nah, berikut ini adalah 15 manfaat dari ubi jalar yang wajib Anda ketahui. Bahan makanan ini sangat berguna untuk pasien penderita diabetes.

Khasiat Ubi Jalar untuk Penderita Diabetes


1. Menyehatkan Pencernaan
Karena kaya serat makanan, ubi jalar membantu dalam memerangi sembelit dan juga dalam mencegah kanker usus besar.

2. Resistif Insulin
Ubi jalar juga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik bagi penderita diabetes, karena memiliki gula alami yang membantu dalam mengatur kadar gula darah dan dengan demikian menjadi resistif insulin.

3. Mencegah Emfisema
Gangguan kesehatan ini sering dialami perokok dan mempengaruhi pernapasan seseorang. Ubi jalar mengandung vitamin A dan karotenoid yang membantu dengan regenerasi sistem pernapasan.

4. Kesehatan Jantung
Ubi jalar kaya akan kalium dan membantu dalam menyeimbangkan elektrolit dan mengatur tekanan darah. Maka dari itu, ubi jalar ini akan memastikan bahwa Anda berada pada risiko lebih rendah terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan
Ubi jalar diperkaya dengan vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat kesehatan sistem kekebalan tubuh, tulang, gigi, kesehatan jantung, kulit dan kelenjar tiroid.

6. Menyehatkan Jaringan dan Otot
Nutrisi dalam ubi jalar membantu dalam mengatur sinyal saraf yang dikirim ke otak dan membantu menjaga kesehatan jantung. Ini akan menangkal ketidaknyamanan akibat pembengkakan dan kram dan bahkan meringankan otot.

7. Meningkatkan Perkembangan Janin

Kaya asam folat, ubi jalar membantu wanita hamil dengan memastikan perkembangan sel bayi dan juga dalam memastikan bahwa jaringan janin tidak terganggu.

8. Membantu Memerangi Stres
Ubi jalar kaya magnesium dan kalium yang mengatur keseimbangan air di tubuh serta reaksi tubuh terhadap faktor stres. Juga membantu dalam mengatur detak jantung dan aliran oksigen ke tubuh.

9. Kaya Antioksidan
Ubi jalar kaya akan antioksidan yang membantu dalam memerangi asma, arthritis, kanker payudara, asam urat dan juga dalam mengurangi efek penuaan dari stres.

10. Mengandung Vitamin C
Kaya vitamin C, ubi jalar mempunyai peranan besar untuk memerangi pilek, batuk terus-menerus dan flu. Dengan demikian, daya tahan tubuh Anda akan semakin meningkat dan tidak mudah sakit.

11. Menyehatkan Kulit

Rebus ubi jalar dan gunakan airnya untuk membersihkan pori-pori pada wajah dengan menggunakan kapas. Ini akan menenangkan peradangan pada kulit. Ubi jalar diperkaya dengan antosianin, yang dikatakan memiliki banyak manfaat kulit.

12. Melawan Anemia

Ubi jalar mengandung zat besi dan membantu dalam produksi sel darah merah dan sel darah putih yang membantu memerangi anemia.

13. Meredakan Nyeri Saat PMS

Ubi jalar membantu dalam meredakan ketidaknyamanan pramenstruasi karena ubi jalar merupakan sumber yang kaya zat besi dan magnesium.

14. Meningkatkan Kandungan Mineral

Dengan mengonsumsi ubi jalar, akan meningkatkan tingkat gizi Anda dengan menyediakan mineral seperti kalsium, besi, mangan dan kalium, dan juga nutrisi lain seperti karbohidrat dan protein.

15. Menjaga Kesehatan Rambut
Ubi jalar berisi beta-karoten yang membantu dalam menjaga rambut sehat dan dalam kondisi yang baik. Mengonsumsi ubi jalar saat baik agar rambut sehat dan tidak mudah rontok.

Nah, itu tadi beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan, terutama penderita diabetes. Dengan segudang manfaat di atas, penderita diabetes berisiko kecil terkena sakit. Jika tidak gampang sakit, maka risiko mengalami komplikasi penyakit juga bisa ditekan.

(mw/kr)