12 Makanan yang Menyebabkan Bau Badan

Sebagian besar dari anda tentunya sangat memperhatikan kondisi bau badan diri sendiri, terutama ketika menghadiri acara penting seperti kondangan, jalan-jalan, atau sekadar kumpul-kumpul dengan keluarga dan teman-teman.

12 Makanan yang Menyebabkan Bau Badan

Tahukah anda bahwa bau tubuh anda dipengaruhi oleh makanan yang anda makan. Sesering apapun anda mandi atau memakai parfum favorit anda, jika makanan yang anda konsumsi tidak sehat, maka bau badan anda tetap tidak sedap.

Makanan yang tidak sehat selain menyebabkan bau badan yang tidak sedap, juga menimbulkan bau mulut serta kentuk berbau busuk. Ketimbang anda sibuk mandi atau memakai parfun dan deodoran, lebih baik anda mulai mengubah gaya hidup dengan memilih makanan-makanan yang tak menyebabkan bau badan.

Nah, berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari agar anda tidak mengalami bau badan.

12 Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap


  • Bawang Putih
Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Tetapi bawang putih juga dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan. Bahkan, bau bawang putih yang kuat bisa membuat napas berbau busuk hingga 72 jam.

Bawang putih mengandung allicin, senyawa sulfur yang dilepaskan ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan. Allicin rusak dengan cepat setelah dikonsumsi, yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat dan air liur sehingga menyebabkan bau tubuh dan bau mulut.

  • Bawang Merah
Sama seperti bawang putih, bawang merah juga membuat bau badan busuk dan bau mulut. Bahkan, bau bawang bisa berlama-lama di mulut selama beberapa waktu. Senyawa-senyawa belerang di dalamnya bertanggung jawab untuk masalah ini. 

Ketika bawang mentah dicerna, molekul berbau mencapai paru-paru melalui aliran darah, dan menyebabkan napas berbau ketika Anda menghembuskan napas.

  • Daging Merah
Orang yang gemar makan daging merah biasanya akan mempunyai bau badan yang tidak sedap. Hal ini terutama terjadi karena daging merah membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perjalanan melalui saluran pencernaan, dan membusuk selama proses berlangsung. Hal ini menyebabkan bau mulut serta bau badan.

  • Asparagus
Asparagus adalah makanan lain yang dapat mempengaruhi bau badan. Asparagus ini mengandung thioesters dan methanethiol, senyawa sulfur yang terurai menjadi komponen kimia bau. Hal ini pada gilirannya membuat urin anda berbau menyengat.

  • Sayuran Silangan
Meskipun tinggi kalium dan antioksidan, sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Sayuran ini mengandung sulfur, zat kimia yang dapat meningkatkan bau anda ketika keluar melalui keringat setelah dicerna.

  • Alkohol
Mengonsumsi minuman ini sesekali memang tidak akan menyebabkan bau badan. Tetapi ketika anda minum secara berlebihan, mungkin akan keluar melalui pori-pori anda dalam bentuk keringat. Hal ini pada gilirannya memberikan tubuh anda bau seperti bir. Juga, napas anda pun juga akan ikut berbau busuk.

  • Suplemen Minyak Ikan
Suplemen minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 memang bermanfaat bagi kesehatan. Sifat anti-inflamasi nya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sisi negatifnya, kebanyakan suplemen minyak ikan mengandung kotoran yang memicu bau badan menjadi amis.

  • Buah Durian
Sudah jamak diketahui bahwa buah durian memiliki bau yang tajam dan menyengat. Namun jika anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak serta tidak membersihkan mulut usai mengonsumsinya, maka masalah bau badan dan bau mulut akan timbul.

  • Kopi
Sama seperti alkohol, kopi memiliki efek diuretik dan dapat membuat bau urin anda benar-benar menyengat. Bila menjadi sangat asam, kopi akan kering mulut anda, yang dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, konsumsi berlebihan kopi juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri jahat dalam mulut dan menyebabkan halitosis.

  • Rempah-Rempah
Rempah-rempah merupakan salah satu jenis makanan yang memicu bau badan. Aromanya yang kuat rempah-rempah ketika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan pori-pori mengeluarkan bau selama beberapa hari sesudahnya.

  • Tembakau
Tembakau memang tidak dikonsumsi dan masuk dalam tubuh. Namun asap rokok yang ditimbulkannya akan masuk ke dalam tubuh dan akan dikeluarkan melalui kelenjar keringat. Hal ini pada gilirannya akan membuat badan anda bau bahkan selama berminggu-minggu lamanya.

  • Junkfood
Junkfood seperti gorengan yang banyak mengandung tepung, gula dan minyak memang sudah terbukti tidak sehat. Makanan ini akan mengalami pembusukan cepat di dalam perut dan menimbulkan bau mulut dan keringat tak sedap.

Nah, itu tadi beberapa makanan penyebab bau badan tak sedap. Selain menghindarinya, biasakan untuk mengonsumsi air putih yang cukup serta makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan.

(mw/kr)
loading...