septa store

10 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Jika Anda adalah seorang penderita diabetes atau mengenal seseorang dengan penyakit diabetes, maka penting untuk mengetahui bahwa ternyata ada sayuran bergizi yang bisa dimakan oleh para penderita diabetes dan juga dapat membantu mengontrol gejala diabetes.

Diabetes memang tidak dapat disembuhkan dan hanya gejalanya saja yang dapat dikontrol. Jadi, belajar untuk menjaga pola makan yang sehat serta gaya hidup yang berkualitas sangatlah penting bagi pasien diabetes.

10 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Menderita penyakit seperti diabetes pasti tidak mudah untuk menjalaninya, dan pastinya hidup Anda pun menjadi tak senyaman sebelumnya, karena dapat menciptakan banyak komplikasi kesehatan yang dapat pula menyebabkan kematian. Mengapa demikian?

Karena kebanyakan dari Anda nantinya akan sadar, diabetes adalah suatu kondisi di mana produksi insulin tubuh tidak normal dan tidak dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh, dan nantinya akan mengarah ke sekelompok gejala yang tidak diinginkan.

Gejalanya mencakup tingkat gula darah yang tinggi, penurunan berat badan, meningkatnya produksi urin, sistem kekebalan tubuh yang lemah, penglihatan kabur, merasa lapar yang terus menerus, mati rasa pada kaki, dan lain sebagainya.

Jika gejala diabetes tidak diobati dengan benar, dapat menyebabkan sesuatu yang fatal, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Nah, berikut ini adalah beberapa sayuran terbaik yang harus menjadi bagian dari diet asupan sehari-hari pasien diabetes.


Sayuran Sehat untuk Penderita Diabetes


1. Bit Merah
Bit merah kaya akan kalium dan vitamin C. Bit merah ini menjadi sayuran yang besar manfaatnya bagi penderita diabetes, karena dapat membantu menjaga tingkat energi dan mengurangi gejala kelelahan.

2. Pare

Pare adalah sayuran lainnya yang juga baik untuk penderita diabetes, karena membantu mengatur kadar gula darah secara efektif.

3. Ubi Jalar
Nah, sayuran lain yang harus disertakan dalam diet diabetes adalah ubi jalar, karena kaya akan antioksidan dan juga dapat mengurangi kadar glukosa darah secara alami.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes, karena kaya akan magnesium, folat, potassium, dan lain sebagainya yang dapat menjaga kondisi diabetes tertentu tetap di bawah kontrol.

5. Finger Lady atau Okra
Namun sayuran ini untuk penderita diabetes adalah finger lady, atau okra. Sayuran yang satu ini juga bekerja dengan baik dalam mengurangi kadar gula darah.

6. Kubis

Mengonsumsi kubis secara teratur tidak hanya membantu mengontrol kadar insulin, tetapi juga dapat membantu penurunan berat badan.

7. Terong
Terong adalah jenis sayuran yang besar manfaatnya bagi penderita diabetes, karena dapat mencegah kenaikan kadar gula darah, dengan mengatur produksi insulin.

8. Labu

Sebuah studi penelitian telah menemukan bahwa minum jus labu di pagi hari dapat membantu Anda mengontrol gejala tertentu diabetes.

9. Bawang
Bawang mengandung asam kuat tertentu yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat insulin dalam tubuh Anda untuk menjaga kadar gula darah di bawah kontrol.

10. Kembang Kol

Kembang kol kaya akan kandungan serat yang membantu membuang keluar racun, dan kembang kol ini merupakan salah satu sayuran baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Nah, itu tadi beberapa sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Jangan lupa juga untuk tidak menyentuh makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

(mw/kr)