10 Manfaat Ajaib Yogurt untuk Kulit dan Rambut

Yogurt adalah makanan tambahan yang sehat dan baik dikonsumsi setiap hari. Karena yogurt kaya akan protein, kalsium dan vitamin D, B2 (riboflavin), B12 dan B5, serta probiotik (bakteri sehat yang membantu pencernaan), maka yogurt memberikan banyak manfaat kesehatan.

10 Manfaat Ajaib Yogurt untuk Kulit dan Rambut

Terlepas dari manfaat kesehatan secara keseluruhan, nutrisi dalam yogurt murni dan tanpa gula juga baik untuk kulit dan rambut. Secara khusus, asam laktat, zink dan vitamin B dalam yogurt menawarkan manfaat kecantikan. Namun, pastikan untuk menggunakan yogurt polos atau yogurt plain, yakni yogurt organik tanpa bahan tambahan.

Nah, agar Anda tak semakin penasaran tentang apa saja manfaat yogurt yang rupanya berkhasiat untuk tubuh, berikut adalah 10 manfaat kecantikan yogurt untuk kulit dan rambut.

  • Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering dan Gatal
Yogurt merupakan agen hydrating kulit yang sangat baik yang dapat membantu melawan kekeringan. Tindakan pengelupasan ringan dari yogurt akan menghilangkan kulit kering dan juga membuat kulit Anda lembab.

Asam laktat di dalamnya membantu menyingkirkan kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan gatal-gatal. Selain itu, antioksidan dan sifat anti-inflamasi membantu melembabkan kulit kering dan gatal.

  • Mencerahkan Kulit
Produk alami yang kaya protein ini juga mencerahkan kulit setelah lama berjemur serta meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Pelembab yang ada pada yogurt membantu menyembuhkan kulit yang rusak akibat paparan berbahaya ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

  • Mengatasi Ketombe
Salah satu penyebab utama ketombe adalah jamur yang membuat kulit kepala menghasilkan kulit yang terkelupas. Yogurt adalah agen antijamur alami, membantu menghilangkan ketombe. Hal ini juga membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala, salah satu gejala yang menonjol dari ketombe.

  • Sebagai Kondisioner Rambut
Yogurt bekerja sebagai kondisioner dan membuat rambut Anda lembut, halus dan mengkilap. Plus, ia memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menjaga kulit kepala Anda bersih dan bebas dari infeksi.

Yogurt memiliki efek pemutih ringan yang dapat mencerahkan warna kulit. Hal ini juga dapat mengurangi penampilan noda dan bekas luka pada kulit Anda. Asam laktat dalam yogurt bekerja seperti pembersih alami dan agen pengelupasan yang dapat membantu mengisi cahaya yang hilang dari kulit Anda dan membuatnya bercahaya.

  • Mengecilkan Pori-Pori
Pori-pori besar dan terbuka dapat berkontribusi untuk masalah seperti jerawat dan komedo, yang dapat Anda kendalikan dengan yogurt. Yogurt dapat mengecilkan dan mengencangkan pori-pori besar di kulit Anda. Sifat zat yogurt juga membantu menjaga elastisitas kulit.

  • Mengatasi Jerawat
Yogurt mengandung antibakteri alami dan sifat antijamur yang dapat membantu melawan jerawat. Yogurt juga memiliki properti zat ringan, yang membantu mengencangkan jaringan kulit dan mencegah jerawat. Plus, zink dalam yogurt memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

  • Mengurangi Kerutan dan Garis Halus
Asam laktat, salah satu unsur utama dalam yogurt, membantu mencegah keriput dan mengurangi munculnya keriput pada wajah.

  • Melembutkan Tumit Kasar dan Pecah-Pecah
Yogurt juga dapat melembutkan tumit yang kasar dan pecah-pecah. Asam laktat yang ada dalam yogurt bekerja sebagai agen pengelupasan, yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Hal ini pada gilirannya melembutkan celah-celah dan membantu tumit yang pecah-pecah tersebut lebih cepat sembuh.

  • Menjaga Tangan dan Kuku Tetap Cantik
Menjadi agen hydrating alami, yogurt dapat membantu memerangi tangan kering dan kasar. Selain itu, asam laktat di dalamnya bekerja seperti pembersih alami dan agen pengelupasan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

(mw/kr)
loading...