10 Mix Jus Buah & Sayur untuk Pencernaan Sehat

Alam selalu menyediakan solusi terbaik ketika Anda mengalami gangguan kesehatan, salah satunya sistem pencernaan yang bermasalah. Gangguan pencernaan adalah suatu kondisi di mana kegiatan kita sehari-hari terpengaruh karena ketidaknyamanan di perut kita.

Hal ini terutama terjadi ketika jenis makanan tertentu tidak cocok dengan perut kita. Makanan pedas dan berlemak adalah pemicu utama yang menyebabkan gangguan pencernaan. Di sisi lain, kedua jenis makan tersebut selalu saja bikin kecanduan dan rasanya sangat susah untuk berhenti mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.


Selain mampu membuat masalah di sistem pencernaan, makanan ini juga bisa membuat berat badan kita bertambah. Selain itu, kurangnya makan sayur dan buah bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan.

Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan detoksifikasi guna menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Dan Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan jus sayuran untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Mengonsumsi jus secara rutin juga membantu dalam menghilangkan sisa makanan dari tubuh. Tak hanya itu, ini juga membantu sistem pencernaan dan meningkatkan kondisi saluran pencernaan.

Kabar baiknya adalah, tidak ada efek samping untuk apapun bila Anda mulai mengonsumsi makanan dan minuman sehat tersebut. Beberapa penyebab gangguan pencernaan diantaranya makan berlebihan, berbaring segera setelah makan, makan sangat pedas atau berlemak, konsumsi alkohol yang berlebihan serta makan terlalu cepat tanpa dikunyah.

Nah, berikut ini adalah macam-macam jus alami yang dapat membantu Anda dalam mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda sehingga sistem pencernaan Anda dapat bekerja lebih baik.

10 Jus Kombinasi dan Manfaatnya untuk Kesehatan


1. Jus jeruk, lidah buaya dan bayam

Jeruk mengandung asam sitrat yang menurunkan kemungkinan sakit perut dalam tubuh. Jeruk juga diperkaya dengan banyak serat larut yang membantu menciptakan lapisan gel sepanjang dinding usus dan memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Sedangkan lidah buaya mengandung enzim, vitamin, mineral dan asam amino yang membuang racun dan membersihkan saluran pencernaan. Daun bayam akan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Simak juga: 15 Manfaat Super Jus Bayam untuk Kesehatan

2. Jus anggur merah, kubis, dan seledri

Anggur merah kaya akan serat larut yang mampu menghilangkan rasa ketidaknyamanan yang timbul karena gerakan usus dan sembelit. 

Kubis mencegah peradangan pada dinding usus, dan diperkaya dengan antioksidan dan anti-inflamasi. Sementara seledri memberikan nutrisi yang diperlukan dan zat besi untuk tubuh.

3. Jus ubi jalar dan wortel

Wortel merupakan sumber makanan yang kaya serat larut dan tidak larut dan menyehatkan organ pencernaan. Sementara ubi jalar mengandung pati, magnesium dan serat yang menyembuhkan sakit maag dan juga memberikan efek menenangkan.

4. Jus selada dan jeruk

Selada mencegah terjadinya kembung dan gas perut. Menggabungkan selada dan jeruk akan membantu pencernaan secara efektif.

5. Jus brokoli dan pepaya

Brokoli adalah buah yang mampu membantu sistem pencernaan Anda, karena mengandung serat makanan, kalium dan vitamin. 

Sedangkan pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang memecah protein dari produk daging dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dari usus.

6. Jus apel hijau dan mentimun

Apel hijau mampu mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu dalam regulasi buang air besar. Mentimun membantu dalam menenangkan sistem pencernaan dan juga mendinginkan sistem pencernaan.

7. Jus buah pir, seledri dan jahe

Kombinasi pir, seledri dan jahe sangat baik untuk detoksifikasi jus. Smoothie ini membantu dalam menjaga saluran pencernaan bersih dan juga mencegah sembelit.

Sedangkan seledri mengandung antioksidan yang mengurangi bisul dan gastritis. Dan sayuran ini juga mengandung serat larut yang meningkatkan gerakan usus.

8. Jus nanas dan mentimun

Nanas mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain yang mengurangi ketidaknyamanan pencernaan. Sementara mentimun membantu dalam pendinginan sistem pencernaan.

9. Jus kubis, daun mint, dan nanas

Kubis diperkaya dengan vitamin, mineral dan serat yang membantu dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Daun mint mampu menyegarkan dan nanas membantu dalam mengobati gangguan pencernaan.

10. Jus apel, mentimun dan selada

Jus ini dapat ditambah biji adas yang dapat memberi bantuan dalam mengurangi peradangan usus dan juga menyembuhkan luka bakar. 

Mentimun yang sarat dengan enzim yang sehat yang membantu dalam membilas racun dan selada membantu dalam mengurangi masalah refluks asam.

Nah itu tadi beberapa kombinasi jus buah dan sayur untuk menyehatkan sistem pencernaan. Anda bisa memilih salah satu kombinasi jus tersebut sesuai selera Anda. 

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, hindari menambahkan gula karena tidak baik untuk kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: 10 Khasiat Mengonsumsi Jus Pisang untuk Kesehatan

(mw/kr)