septa store

10 Cara Alami Mengobati Gangguan Tidur (Sleep Apnea)

Sleep apnea merupakan gangguan tidur dimana seseorang kesulitan bernapas ketika sedang tidur. Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, maka perlu diperiksakan ke dokter segera.

Sebab jika diabaikan, tidur tidak nyenyak mungkin menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti depresi, diabetes dan juga meningkatkan risiko masalah jantung.

10 Cara Alami Mengobati Gangguan Tidur (Sleep Apnea)

Ketika bernapas dengan irama yang tidak normal, itu tandanya pernapasan seseorang terganggu karena penyumbatan pada saluran udara. Kondisi itu mengarah pada masalah kesehatan yang disebut sleep apnea.

Kondisi ini tentu akan mempengaruhi kualitas tidur, menyebabkan mendengkur, terbangun di tengah-tengah tidur yang disertai kesulitan bernapas dan juga menyebabkan mulut kering.

Orang yang berisiko mengalami sleep apnea adalah penderita obesitas, memiliki masalah jantung, perokok berat, terbiasa minum alkohol serta mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan sleep apnea.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, lakukan gaya hidup sehat guna mengurangi gejala serta mencegah sleep apnea. Nah, berikut ini bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sleep apnea.

Bahan Alami Mengatasi Sleep Apnea


  • Bawang Putih
Dikenal karena sifat anti-inflamasi, mengonsumsi 2-3 siung bawang putih setiap pagi saat perut kosong meningkatkan sistem pernapasan serta membuat tidur lebih nyenyak.

  • Kunyit dan Susu
Tambahkan satu sendok teh serbuk kunyit ke dalam susu mendidih. Kemudian rebus agar mendidih selama beberapa menit. Angkat dari kompor, dan biarkan agar susu cukup hangat untuk diminum.

Minum ramuan susu dan kunyit tersebut setengah jam sebelum tidur. Kebiasaan ini membantu mencegah sleep apnea.

  • Kayu Manis
Zat penenang di kayu manis membantu dalam mengobati masalah pernapasan dan membantu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air panas dan minum ramuan ini sekali sehari.

  • Madu
Dikenal karena sifat anti-inflamasi, madu membantu mengurangi pembengkakan di sekitar tenggorokan yang menyebabkan masalah dalam bernapas. Hal ini pada gilirannya membantu mencegah sleep apnea. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam air hangat dan kemudian minum sebelum tidur.

  • Peppermint
Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint dalam segelas air dan kemudian kumur menggunakan air ini sebelum tidur. Cara ini akan meningkatkan pernapasan yang tepat saat tidur.

  • Lavender
Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam mangkuk air panas. Hirup uapnya sebelum tidur. Cara ini membantu dalam mengobati gejala sleep apnea.

  • Kapulaga
Kapulaga dikenal karena sifat dekongestannya. Kapulaga juga membantu membuka rongga hidung yang tersumbat dan meningkatkan tidur.

Caranya, tambahkan sedikit bubuk kapulaga dalam segelas air hangat, aduk dengan baik dan kemudian minum setengah jam sebelum tidur.

  • Chamomile Tea
Chamomile dikenal karena sifat anti-inflamasi. Teh ini membantu mengendurkan otot-otot dan meningkatkan tidur. Tambahkan sedikit daun chamomile kering dalam air mendidih dan diamkan untuk sementara waktu. Saring dan kemudian minum ramuan ini sebelum tidur.

  • Buah Almond
Almond membantu dalam relaksasi otot dan dapat mempromosikan tidur yang baik. Makan 7-10 buah almond yang telah direndam setiap hari, ini akan membantu dalam mencegah sleep apnea.

  • Uap Air Panas
Air panas juga bisa digunakan untuk terapi sleep apnea. Siapkan semangkuk air panas. Tundukkan kepala di mangkuk tersebut, kemudian hirup uapnya secara perlahan.

Demikian tadi beberapa bahan dan cara alami untuk mengobati gangguan tidur alias sleep apnea. Pilih salah satu cara di atas dan lakukan secara rutin. Niscaya Anda akan merasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

(mw/kr)