septa store

10 Cara Alami Mengobati Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan kondisi yang bisa dialami siapapun. Banyak anggapan yang menyebut jika bibir mengalami pecah dan kering karena cuaca kemarau dan panas. Padahal, hal itu tidak selalu benar.

10 Cara Alami Mengobati Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Di musim penghujan pun, bibir pecah-pecah bisa terjadi. Kondisi ini justru semakin parah jika Anda membasahi bibir dengan air ludah. Penyebab bibir pecah dan kering dikarenakan bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga jika kelembaban udara rendah, bibir akan kehilangan cairan dan mengalami kekeringan.

Jika bibir Anda pecah-pecah, kering dan bersisik, sebenarnya ada sejumlah bahan alami untuk mengembalikan kelembabannya. Selain itu, sama seperti wajah, kulit bibir Anda juga perlu dikelupas (scrubbing) secara teratur untuk tetap lembut dan lentur.

Pengelupasan kulit bibir adalah cara yang baik untuk menyingkirkan serpihan kulit mati dan pecah-pecah atau kulit kering dari bibir Anda. Pengelupasan juga meminimalkan bintik-bintik gelap pada bibir Anda. Nah, berikut ini 10 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering.


10 Lip Scrub Alami Mengatasi Bibir Pecah-Pecah


  • Gula
Gula merupakan salah satu bahan dapur yang dapat digunakan untuk membuat lip scrub yang efektif. Tekstur kasarnya dapat mengikis sel-sel kulit mati dari bibir. Untuk scrub bibir yang terbaik untuk menggunakan gula merah, yang sedikit lebih lembut daripada gula pasir putih.

Campur sejumput gula dengan beberapa tetes madu. Oleskan campuran ini pada bibir dan gosok selama 1 sampai 2 menit. Cuci pakai air hangat, kemudian lembabkan dengan lip balm.

Cara kedua, campur gula, minyak zaitun dan jus lemon, lalu aduk rata. Gunakan campuran ini untuk menggosok bibir Anda. Bersihkan dengan tisu dan percikan air hangat pada bibir. Setelah itu, gunakan lip balm. Gunakan salah satu dari ini scrub gula ini sekali atau dua kali seminggu.

  • Madu
Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari bibir dan membuat bibir Anda lembab, madu dicampur dengan gula adalah salah satu solusi terbaik. Sifat pelembab madu membantu mengembalikan kelembaban yang hilang di bibir Anda untuk mencegah retak bibir yang menyakitkan. 

Cara ini dapat membantu memulihkan tekstur merah muda alami bibir. Plus, membantu mengurangi risiko infeksi dari bibir pecah-pecah.

Campur 1 sdt madu dan sedikit gula. Gosok bibir dengan campuran ini dalam gerakan melingkar dengan ujung jari selama 2 sampai 3 menit, kemudian biarkan selama 5 menit. Bersihkan bibir dengan air segar. Setelah kering, oleskan minyak kelapa. Gunakan scrub ini seminggu sekali.

Cara kedua, campurkan ½ sdt madu, plan yogurt dan tepung gram. Oleskan pasta pada bibir dan biarkan selama 10 menit. Gosokkan pada bibir menggunakan jari-jari lalu bilas bibir Anda dengan air hangat. Ulangi metode ini seminggu sekali.

  • Almond
Almond adalah bahan yang banyak digunakan untuk membuat lip scrub. Sifat menenangkan dan melembabkan almond juga mendukung kesehatan bibir dan membuatnya tetap lembut dan kenyal. Plus, almond membantu mencerahkan bibir gelap.

Siapkan 1 sdt almond bubuk kasar. Tambahkan 1 sdt gula halus, madu dan minyak almond. Campur semua bahan. Oleskan lip scrub buatan sendiri ini pada bibir Anda. Tunggu 2 menit, kemudian gunakan sikat gigi untuk menggosok bibir Anda.

Bilas bibir Anda dengan air hangat. Biarkan kering lalu oles minyak almond. Gunakan scrub ini 1 atau 2 kali seminggu.

  • Stroberi
Stroberi juga bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan membuat bibir gelap menjadi pink kemerahan. Juga, mineral dan vitamin penting dalam stroberi membantu menjaga bibir Anda sehat dan kenyal serta lembut.

Potong stroberi matang jadi dua. Gosok bibir dengan belahan stoberi selama beberapa menit. Tempelkan pulp stroberi di bibir selama 10 menit. Bilas dengan air hangat. Gunakan obat ini 2 atau 3 kali seminggu.

Cara berikutnya, campur ½ sdm stroberi tumbuk dan sedikit madu. Oleskan pasta pada bibir dan pijat lembut. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali seminggu.

  • Kelopak Bunga Mawar
Kelopak bunga mawar juga bisa menjadi salah satu lip srub karena efek menenangkan, pendinginan dan melembabkan yang sangat bermanfaat untuk bibir kering dan pecah-pecah. Kelopak mawar juga dapat membuat bibir berwarna merah muda alami.

Campurkan 1 sdm kelopak mawar dan 1 sdt krim susu. Aduk rata dan oleska pasta ini pada bibir. Tunggu 5 menit, lalu gosok menggunakan sikat gigi atau jari-jari. Bilas bibir dengan air hangat. Ulangi cara ini 2 kali seminggu.

  • Bubuk Kopi
Bubuk kopi sangat baik digunakan sebagai lip scrub. Tekstur bubuk kopi lembut di bibir, namun cukup ampuh untuk menyingkirkan kulit terkelupas. Plus, aroma bubuk kopi dapat menyegarkan, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang sangat populer untuk dijadikan lip scrub.

Campur 1 sdt kopi bubuk. Tambahkan 1 sdt madu dan sedikit minyak zaitun. Aduk rata dan oleskan pada bibir. Pijat bibir selama beberapa menit, kemudian diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air hangat. Keringkan lalu oleskan lip balm. Lakukan cara ini seminggu sekali.

  • Lidah Buaya
Lidah buaya ampuh menyingkirkan kulit mati yang terkelupas dari bibir. Bahan alami ini akan membuat bibir Anda lembut dan lentur dan bahkan membantu menangani masalah bibir gelap.

Siapkan 1 sdm beras bubuk kasar dalam mangkuk. Tambahkan cukup gel lidah buaya untuk membuat pasta. Gosokkan scrub buatan sendiri ini pada bibir selama 2 menit, kemudian biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air dingin.

  • Kiwi
Kiwi bekerja sebagai exfoliant alami yang efektif untuk bibir. Buah ini adalah sumber yang sangat baik dari antioksidan, khususnya vitamin C dan polifenol yang membantu memelihara kesehatan bibir Anda. Kandungan vitamin C membantu meringankan bibir gelap.

Tumbuk 1 sdm kiwi dalam mangkuk. Tambahkan 1 sdm gula dan minyak zaitun di dalamnya. Campur dan oleskan pada bibir. Bilas bibir dengan air hangat dan oleskan balm pelembab bibir. Gunakan lip scrub ini sekali atau dua kali seminggu untuk membuat bibir merona.

  • Oatmeal
Tekstur kasar dari oatmeal bekerja sebagai agen pengelupas alami yang sangat bermanfaat untuk bibir. Juga kaya akan protein dalam mencegah kehilangan air untuk menjaga bibir Anda lembut dan lentur.

Campur ½ sdt oatmeal, air lemon dan yogurt plain. Oleskan campuran tersebut pada bibir. Tunggu 5 menit, kemudian dengan gosok bibir dengan sikat gigi lembut atau pakai jari. Cuci bibir dengan air hangat, keringkan lalu oleskan minyak kelapa. Gunakan scrub ini seminggu sekali.

  • Baking Soda
Anda juga dapat menggunakan baking soda untuk proses pengelupasan bibir kering dan pecah-pecah. Bahan ini dapat efektif mengelupaskan sel-sel kulit mati yang menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering.

Masukan ½ sdt baking soda dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air untuk membuat pasta berpasir. Gosok bibir pakai jari-jari dalam gerakan melingkar. Bilas bibir menggunakan air hangat. Keringkan lalu oleskan lip balm atau minyak kelapa. Ulangi sekali seminggu.

Nah itu tadi cara membuat lip scrub untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah. Semoga bermanfaat.

(mw/kr)