10 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin A | Vitamin A merupakan nutrisi penting untuk kesehatan penglihatan, kulit, tulang, dan jaringan lain pada tubuh. Kandungan retinol dalam vitamin A membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan membuat mata dan kulit tetap lembab.


Vitamin ini juga memiliki antioksidan tinggi yang berguna untuk melawan kerusakan sel. Selain itu, vitamin A juga memiliki peran penting dalam melihara kesehatan jantung, paru-paru, ginjal dan organ vital lainnya.


Jenis Vitamin A

Menurut National Library of Medicine AS (NLM), ada dua jenis vitamin A. Pertama, preformed vitamin A atau dikenal retinol, ditemukan dalam produk hewani seperti susu, telur, daging, keju, hati, minyak ikan, krim dan hati. Sedangkan pro-vitamin A ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran.

Jenis yang paling umum dari pro-vitamin A adalah beta-karoten, karotenoid yang menghasilkan pigmen gelap dalam makanan nabati. Sementara beta-karoten dapat ditemukan dalam makanan yang berwarna cerah.


Dosis Vitamin A

Asupan harian vitamin A yang dianjurkan tergantung pada usia, jenis kelamin dan status reproduksi. The Dietary Reference Intakes (DRI) menyarankan asupan vitamin A untuk wanita dewasa adalah 700 mikrogram (mcg) dan untuk pria dewasa adalah 900 mcg per hari, menurut University of Maryland Medical Center.

Beberapa gejala kekurangan vitamin A yaitu keratinisasi kulit, kebutaan malam, sensasi terbakar atau gatal di mata, radang kelopak mata, xerophthalmia (kekeringan konjungtiva), rambut kusam dan adanya ketombe di rambut, kuku rapuh yang mudah pecah, gangguan sek/sual, dan perubahan prakanker dalam jaringan tubuh. Kekurangan vitamin ini juga dapat mengakibatkan kelelahan, insomnia dan depresi. Namun, kelebihan vitamin A juga menyebabkan masalah kesehatan.

Di sisi lain, kelebihan dosis vitamin A dalam jangka panjang bisa menyebabkan mual, muntah, kelelahan, masalah keseimbangan, gangguan hati, nyeri otot, kebingungan, osteoporosis dan patah tulang pinggul.

Vitamin A sangat penting untuk tubuh yang sehat dan memiliki banyak khasiat yang bermanfaat, termasuk yang tercantum di bawah ini.

10 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan


  • Meningkatkan imunitas
Vitamin A membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi dengan meningkatkan respon limfosit terhadap antigen penyebab penyakit. Hal ini membuat selaput lendir tetap lembab untuk memastikan kekebalan yang lebih baik dan juga meningkatkan aktivitas sel darah putih.

Vitamin A tidak hanya mencegah kuman memasuki tubuh Anda, tetapi juga membantu untuk melawan infeksi setelah kuman dapat masuk ke dalam sistem tubuh, sehingga memastikan inti ganda perlindungan.

  • Memastikan mata sehat
Vitamin A dapat membantu dalam meningkatkan penglihatan. Hal ini memungkinkan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya, menjaga mata lembab, dan juga meningkatkan penglihatan pada malam hari. Hal ini dapat mencegah berbagai kondisi seperti mata kering juga.

  • Memerangi radikal bebas
Vitamin A membantu menjaga tubuh Anda bebas dari radikal bebas dan racun, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Ini membantu untuk menjaga kulit lembut dan lentur dengan memastikan retensi kelembaban, sehingga mencegah kondisi kekeringan, keratinisasi dan masalah kulit seperti psoriasis.

  • Menjaga tulang dan gigi tetap kuat
Vitamin ini penting juga untuk memperkuat tulang dan gigi. Vitamin A membantu dalam pembentukan dentin, sebuah lapisan bahan keras tepat di bawah permukaan gigi, sehingga meningkatkan kekuatannya.

  • Mencegah kencing batu
Vitamin A mencegah pembentukan batu urin karena pembentukan kalsium fosfat. Vitamin ini juga membantu untuk menjaga lapisan saluran kemih, sehingga mengurangi kesempatan terbentuknya batu pada urin.

  • Mencegah dystrophy muscular
Dengan menjaga tulang sehat dan dengan mempertahankan bentuknya, vitamin A memainkan peran penting dalam memastikan pertumbuhan otot yang tepat pada anak-anak dan remaja, sehingga mencegah kemungkinan terkena distrofi otot.

  • Mencegah jerawat
Vitamin A membantu mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga mengurangi risiko jerawat. Vitamin ini juga memperkuat jaringan pelindung kulit, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan vitalitas permukaan kulit. Hal ini penting untuk pemeliharaan yang tepat dari jaringan kulit dan selaput lendir.

  • Mencegah kanker tertentu
Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat, yang dapat mencegah beberapa jenis kanker.

  • Perbaikan dan penggantian jaringan tua
Vitamin A berperan penting dalam mengganti jaringan tua dan usang dengan yang baru, serta dalam menjaga tulang dan gigi yang kuat.

  • Memperlambat proses penuaan
Vitamin A terkenal sebagai properti untuk menghilangkan kerut, yang dapat mengurangi bintik-bintik penuaan dan garis halus. Hal ini dapat memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dari kulit.

Nah, itu tadi beberapa manfaat menakjubkan dari vitamin A. Cukupi kebutuhan vitamin A harian Anda dengan rajin mengonsumsi makanan sehat, seperti wortel, brokoli, atau telur.

Baca juga:
(mw/kr)
loading...