10 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

Kurang tidur adalah masalah serius dan Anda perlu untuk mengatasi hal itu sesegera mungkin. Kurang tidur nantinya akan menguras energi Anda, mempengaruhi suasana hati, kesehatan dan kemampuan tubuh untuk berfungsi dengan baik pada siang hari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa gangguan tidur di malam hari dapat menyebabkan kelelahan siang hari, dorongan yang kuat untuk akhirnya tidur siang sepanjang hari, lekas marah atau kecemasan, kurang konsentrasi, depresi dan bahkan perubahan suasana hati.

10 Penyebab Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur yang tidak nyenyak di malam hari juga dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, hipertensi, stroke dan diabetes. Menurut National Institutes of Health, anak usia sekolah membutuhkan setidaknya 10 jam tidur setiap hari, remaja perlu 9 sampai 10 jam dan orang dewasa perlu 7 sampai 8 jam tidur nyenyak.

Namun, banyak orang dewasa tidak mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Ada beberapa alasan di balik terganggunya atau tidur berkualitas rendah yang dapat diperbaiki, sehingga Anda dapat menikmati manfaat kesehatan dari tidur nyenyak. Berikut adalah 10 alasan mengapa orang tidur tidak nyenyak pada malam hari.

10 Penyebab Tidur Tidak Pulas


1. Stres

Meskipun sering diabaikan, stres adalah salah satu penyebab paling umum dari serangan periodik terganggunya tidur Anda. Hal ini menyebabkan hyperarousal dan mengganggu keseimbangan antara tidur dan terjaga, sehingga menyebabkan kesulitan tertidur.

Stres yang berlebihan, kondisi yang kompleks dengan faktor emosional, kognitif, dan biologis, mempengaruhi tidur dengan mengaktifkan sympatho-Adreno-meduler (SAM) dan HPA, menurut sebuah studi 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Experimental Neurobiologi.

Selain itu, sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine, menemukan bahwa stres cenderung meningkatkan kerentanan terhadap insomnia.

2. Penggunaan gadget

Di zaman modern seperti saat ini, salah satu alasan penting kenapa orang tidak bisa tidur pulas di malam hari adalah penggunaan peralatan elektronik sebelum tidur. Cahaya yang memancar dari elektronik atau gadget menghambat produksi melatonin, yakni hormon tidur.

Selain itu, ketika perhatian Anda sedang asyik pada layar, gadget, TV atau laptop, maka akan merangsang aktivitas otak, yang merupakan kebalikan dari apa yang Anda inginkan terjadi, jika Anda ingin menikmati tidur nyenyak.

3. Merokok sebelum tidur

Merokok mempengaruhi tubuh Anda dalam ratusan cara dan gangguan tidur adalah salah satu akibatnya. Perokok menyamakan merokok dengan santai, tapi nikotin berbahaya bekerja sebagai stimulan.

Jadi, ketika Anda merokok hanya sebelum tidur, Anda mungkin terbangun beberapa kali sepanjang malam. Plus, efek dari nikotin selama tidur akan mengakibatkan gelisah sepanjang malam. 

Baca juga: 5 Manfaat Tidur yang Tak Banyak Orang Tahu

4. Kurang olahraga

Orang yang tidak berolahraga sama sekali dapat mengalami susah tidur dan sering terbangun sepanjang malam. Hal ini juga dapat menyebabkan kurangnya kewaspadaan pada siang hari.

Demikian pula, sebuah studi tahun mencatat bahwa orang yang melakukan 150 menit dari aktivitas kuat (olahraga) dalam seminggu akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak aktif secara fisik.

5. Kecanduan minuman beralkohol 

Alkohol bekerja sebagai inducer tidur. Kelebihan asupan alkohol dapat membuat Anda lebih mungkin untuk bangun pada malam hari dan tidak merasa beristirahat dalam tidur Anda.

6. Minum kopi hingga larut malam

Banyak orang memiliki kebiasaan minum secangkir kopi setelah makan malam. Ini adalah sesuatu yang Anda harus hindari jika Anda ingin menikmati tidur nyenyak. 

Kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan dan dapat mengakibatkan peningkatan kewaspadaan, menyebabkan kegugupan dan pusing, dan bahkan menyebabkan gangguan tidur dan insomnia.

7. Makan malam berlemak

Tinggi lemak dan asupan serat yang rendah merusak kesempatan Anda untuk tidur malam yang baik. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity melaporkan bahwa pria dan wanita yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam makan lebih banyak lemak dibandingkan mereka yang tidur 7 sampai 9 jam setiap malam. Inilah hubungan antara asupan lemak tinggi dan penurunan durasi tidur.

8. Kamar tidur anda terlalu terang

Untuk tidur nyenyak, Anda perlu kamar gelap. Cahaya dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal Anda yang menyebabkan kantuk dan menurunkan suhu tubuh.

9. Perubahan hormonal 

Menurut National Sleep Foundation, perempuan lebih mungkin dibandingkan pria untuk tidak mendapatkan cukup tidur atau merasa mengantuk di siang hari. Hal ini terutama karena perubahan hormonal dalam tubuh. Wanita lebih rentan terhadap kualitas tidur yang buruk di waktu menstruasi, kehamilan dan menopause.

Simak juga: 11 Manfaat Tidur Miring Kiri Bagi Kesehatan


10. Hewan peliharaan di kamar tidur

Hewan menawarkan banyak manfaat kesehatan fisik dan psikologis. Mereka dapat membantu mengurangi stres, memotivasi Anda untuk berolahraga dan bahkan meningkatkan pandangan Anda terhadap kehidupan.

Namun ternyata hewan peliharaan dapat mempengaruhi tidur Anda. Kebiasaan tidur manusia dan hewan peliharaan sangatlah berbeda. Itu sebabnya, hewan peliharaan seharusnya tidak diizinkan masuk ke kamar tidur jika Anda ingin tidur nyenyak.

Nah, itu tadi beberapa penyebab kenapa tidur Anda tidak bisa nyenyak. Memperbaiki siklus tidur menjadi kembali normal memang tidaklah mudah. Oleh karena itu dibutuhkan konsistensi serta upaya menjauhi penyebab-penyebab tidur tidak pulas seperti yang disebutkan di atas. 

(mw/kr)
loading...