16 Makanan yang Dapat Digunakan sebagai Masker

Makanan untuk Masker
Makanan yang Dapat Dipakai sebagai Masker | Setelah menikmati liburan Tahun Baru, kini saatnya bagi anda untuk memanjakan diri dengan melakukan perawatan. Kali ini, cobalah untuk menyisihkan produk kecantikan yang biasa anda gunakan dan beralih ke metode perawatan alami.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada sejumlah buah-buahan dan makanan tertentu yang bermanfaat dalam membuat kulit anda tampak cantik, segar serta cerah merona. Selain bisa anda konsumsi, jenis makanan ini dapat anda gunakan sebagai masker wajah.

Kandungan nutrisi yang hadir dalam makanan tersebut akan memungkinkan pori-pori kulit anda terbuka serta proses pernapasannya menjadi lancar sehingga wajah anda pun terhindar berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan kulit kusam.

Di sisi lain, masker alami tersebut akan membuat wajah anda tetap kenyal dan tak kusam. Menggunakan masker wajah alami untuk kulit juga akan membuat kulit anda terhindari dari masalah iritasi dari penggunaan kosmetik. Berikut 16 jenis makanan yang dapat anda gunakan sebagai masker alami.


Makanan yang Dapat Dipakai sebagai Masker

1. Telur
Jika Anda memiliki kulit kering yang perlu pelembab, gunakan kuning telur sebagai masker. Sedangkan untuk kulit berminyak, ambillah putih telur dan tambahkan sedikit lemon atau madu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Lemon
Selain dapat digunakan untuk memutihkan kulit, jus lemon tenyata dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan pada wajah. Terapkan minyak zaitun ke wajah anda setelah menggunakan lemon agar kulit terasa kenyal.

3. Mustard
Tak banyak orang tahu jika tenyata mustard juga dapat digunakan pada kulit. Namun, anda perlu memastikan bahwa kulit anda tidak terkena iritasi dengan mengetesnya pada area kecil dahulu. Campurkan mustard dengan susu dan gunakan sebagai masker alami untuk wajah anda.

4. Yogurt
Pakailah yogurt sebagai masker selama sekitar 20 menit. Hal ini berguna untuk membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori wajah.

5. Mayones
Makanan terbaik lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah adalah mayones. Krim ini terbuat dari telur sehingga sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit anda dalam cuaca apapun.

6. Oatmeal
Jika anda ingin menghilangkan kulit mati di wajah, cobalah untuk menggunakan oatmeal untuk scrubbing.

7. Susu
Buatlah masker dengan mencampur 1/4 cangkir susu bubuk dengan air secukupnya. Aduk perlahan sampai membentuk pasta kental. Masker susu ini berguna untuk membuat kulit anda tetap kenyal dan tidak kusam.

8. Pisang
Pisang adalah salah satu makanan terbaik yang dapat anda pakai sebagai masker wajah. Selain dapat membuat kulit anda lembut dan lembab, pemakaian pisang untuk maskeran dalam jangka panjang akan membantu untuk mengencangkan kulit.

9. Kunyit
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kunyit merupakan resep rahasia perawatan kulit alami sejak dulu kala. Selain membuat kulit bersinar, masker kunyit juga mampu membunuh bakteri yang berkembang di lapisan kulit.

10. Cokelat
Yups, cokelat memang salah satu jenis makanan yang baik dipakai sebagai masker. Namun bagi anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan masker cokelat karena akan membuat kulit anda kering dan gatal.

11. Labu
Tidak hanya mengandung vitamin, labu juga berguna untuk mengontrol kadar minyak pada wajah anda.

12. Teh Hijau dan Madu
Jika teh hijau berfungsi sebagai bahan pelunak, maka madu berfungsi sebagai bahan pemutih kulit anda. Maka dari itu, kedua makanan ini sangat cocok bila digunakan sebagai masker wajah.

13. Anggur dan Madu
Haluskan semangkuk anggur menggunakan blender. Kemudian tambahkan satu sendok teh madu lalu gunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam.

14. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang sudah terbukti dapat membuat kulit anda lembut. Gunakan dua kali dalam seminggu agar kulit anda halus dan tampak bercahaya.

15. Stroberi
Tidak hanya kaya akan vitamin C, jika digunakan pada wajah sebagai masker, stroberi juga berkhasiat dalam memudarkan garis-garis penyebab kerutan pada wajah.

16. Alpukat
Campuran alpukat dengan madu dapat anda gunakan sebagai masker wajah.

Nah, sekian 16 jenis makanan yang bisa anda gunakan sebagai masker alami. Selain mudah anda dapatkan di sekitar anda, makanan tersebut alami dan tidak menimbulkan efek samping. 

Simak juga artikel tentang: 15 Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan