Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin E Terbaik

Sumber Vitamin E. Seringkali vitamin E dipandang sebelah mata oleh banyak orang dibandingkan dengan jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks. Padahal, vitamin E mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan. Kandungan tokoferol dan tokotrienol pada vitamin E bermanfaat untuk mencegah oksidasi yang berlebihan (radikal bebas) di dalam tubuh. Selain itu, vitamin E juga membantu dalam menjaga fungsi-fungsi penting lain dari tubuh seperti aktivitas enzimatik dan kerusakan sel.
sumber vitamin E
Asupan harian vitamin E ternyata juga dapat mencegah timbulnya penyakit defisiensi seperti retinopati dan ataksia. Bahkan berdasarkan penelitian, vitamin E berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker dan Alzheimer. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyertakan jumlah vitamin E yang cukup dalam diet Anda. Berikut adalah daftar makanan yang menjadi sumber vitamin E.

Daftar Makanan Sehat dan Alami sebagai Sumber Vitamin E 

1. Biji bunga matahari / kuwaci

Biji bunga matahari dalam bentuk kering maupun minyak merupakan sumber vitamin E yang baik. Anda bisa menggunakan kuwaci sebagai camilan yang menyehatkan karena dalam 100 gram kuwaci terkandung 36,6 mg vitamin E. Baca selengkapnya: Manfaat Kuwaci

2. Kacang

Hampir semua kacang-kacangan, terutama almond, merupakan sumber yang kaya akan vitamin E. Jika Anda berniat meningkatkan asupan vitamin E, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi kacang almond, hazelnut atau jenis kacang lainnya mulai dari sekarang.

3. Bayam

Sayuran ini pada dasarnya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain mengandung vitamin E, bayam juga merupakan sumber makanan yang serba komplit dan memiliki sejumlah nutrisi penting lainnya. Dalam 100 gram penyajian, bayam mengandung 3, 5 miligram vitamin E.

4. Brokoli

Sumber vitamin E selanjutnya yaitu brokoli. Selain berguna untuk mencegah penyakit kanker, brokoli juga mengandung beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, C, D, E, dan K. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, brokoli sebaiknya dimasak dengan cara dikukus.

5. Daun Kemangi

Oregano atau biasa disebut daun kemangi ternyata memilik kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Siapa sangka, daun rempah beraroma wangi ini mengandung 7,38 miligram vitamin E dalam 100 gram penyajian. 

6. Tomat

Selain kaya akan vitamin A, tomat juga terbukti mengandung sejumlah vitamin E. Anda bisa mengkonsumsinya dengan berbagai cara, misalnya dibuat jus, sambal, campuran sup, saus, dan lain sebagainya.

7. Cabai Merah

Mengkonsumsi cabai merah dalam makanan ternyata juga memiliki manfaat asalkan dengan porsi yang tepat. Dalam 100 gram cabai merah bubuk atau paprika, terkandung 30 miligram vitamin E. 

8. Kacang Pinus

Meskipun cukup sulit dijumpai di Indonesia, kacang pinus ternyata mengandung vitamin E yang tinggi. Dalam sajian 100 gram kancang pinus, terdapat sekitar 9,3 mg vitamin E.

9. Aprikot kering

Selain kaya akan serat, aprikot kering mengandung 4,3 mg vitamin E dalam 100 gr penyajiannya.

10. Talas

Talas ternyata bukan sekedar makanan kuno tempo dulu. Faktanya, dalam 100 gram penyajiannya, terdapat sekitar 2,9 miligram vitamin E. 

Meskipun saat ini sumber vitamin E juga banyak dikemas dalam bentuk kapsul, tidak ada salahnya jika Anda tetap memenuhi asupan vitamin E dengan cara mengkonsumsi makanan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Selain murah, Anda juga dapat memperoleh nutrisi penting lainnya yang terdapat pada makanan tersebut.

Photo Courtesy: Dominic's pics, Laurel Fan, mrsdkrebs @Flickr dan @pixabay.com