Apa Itu Terapi Akupuntur? Berikut Ulasannya

terapi akupuntur
Akupuntur adalah salah satu jenis pengobatan atau terapi kuno yang berasal dari negeri Cina. Kini, pengobatan akupuntur mulai digunakan secara luas oleh masyarakat, tidak hanya di Cina, namun juga sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, terapi akupuntur merupakan salah satu pengobatan yang cukup digemari oleh masyarakat. 

Konsep dari pengobatan akupuntur itu sendiri yaitu mencoba untuk menyeimbangkan antara tingkat energi dan kimia yang ada di dalam diri seseorang. Adapun media yang digunakan adalah jarum yang ditancapkkan pada titik-titik akupuntur di tubuh manusia. 

Meskipun telah ada selama berabad-abad, sebagian besar masyarakat rupanya tidak banyak tahu tentang terapi akupuntur. Selain itu, ketidaktahuan tersebut juga memicu adanya mitos dan kesalahpahaman tentang praktek akupuntur yang telah berkembang di masyarakat saat ini. Nah, sebenarnya apa sih pengobatan akupuntur itu? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang terapi akupunktur.

1. Terapi akupunktur tidak sakit

Meskipun pengobatan akupunktur menggunakan jarum sebagai media penyembuhan, faktanya hal tersebut tidak akan menimbulkan rasa sakit pada pasien. Sebab jarum yang dipakai sangatlah kecil dan fleksibel bahkan sebagian setipis helai rambut. 

Ketika jarum ditusukkan pada tubuh, Anda akan merasakan sedikit nyeri dan tidak sesakit saat ditusuk jarum suntik normal. Namun, jika Anda punya phobia terhadap jarum suntik, Anda harus mengatakannya terlebih dahulu kepada ahli akupunktur Anda sebelum prosedur dimulai.

2. Pengobatan akupunktur menyembuhkan berbagai penyakit

Ada banyak kegunaan atau manfaat dari terapi akupunktur, diantaranya untuk mengobati sakit punggung, sakit leher, nyeri pasca operasi dan berbagai rasa sakit dan nyeri lainnya.

Tidak hanya itu, akupunktur juga dapat mengatasi masalah pencernaan, menstruasi yang tidak teratur, alergi, insomnia dan lain sebagainya. Untuk itu, konsultasikan dahulu masalah Anda kepada ahli akupuntur sebelum melakukan pengobatan.

3. Akupuntur memiliki dosis seperti halnya obat-obatan

Pada pengobatan akupuntur, biasanya penyakit Anda tidak akan sembuh hanya dengan satu terapi. Sama halnya dengan Anda harus meminum obat dalam dosis tertentu untuk menyembuhkan penyakit Anda. 

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa terapi agar Anda dapat merasakan manfaat dari pengobatan akupuntur ini. Namun, jika kondisi tubuh Anda tidak segera membaik setelah melakukan 10 kali terapi, Anda mungkin harus pergi ke orang yang berbeda.

4. Akupuntur bukan praktek keagamaan

Inilah mitos yang umum dan populer tentang akupunktur. Faktanya adalah pengobatan akupuntur tidak ada kaitannya dengan agama manapun. Tujuan dari terapi akupuntur adalah berusaha untuk menyeimbangkan tingkat energi dalam tubuh manusia dengan cara yang sangat alami.

5. Akupuntur tidak memiliki efek samping

Tidak seperti obat modern, akunpuntur tidak mempunyai efek samping. Bahkan tubuh Anda akan merasa rileks, tidur nyenyak, stres berkurang dan membuat pencernaan Anda menjadi lebih lancar. 

6. Pengobatan akupuntur masuk dalam asuransi

Tahukah Anda bahwa pengobatan akupuntur ternyata tergolong mahal di beberapa negara. Oleh karena itu, ada beberapa perusahaan asuransi yang berencana mencakup biaya untuk pengobatan akupunktur.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik tentang pengobatan akupuntur yang selama ini banyak masyarakat yang belum tahu. Akupunktur merupakan salah satu cara yang tepat untuk menyembuhkan rasa sakit dan stres dalam diri Anda tanpa obat dan efek samping. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: Shutterstock
loading...