5 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

mencegah diabetes
Diabetes tipe II merupakan penyakit di mana tubuh kita tidak mampu memproduksi insulin yang cukup. Insulin berguna untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Jadi, jika kebutuhan insulin tidak tercukupi, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh dan organ internal lainnya. 

Diabetes tipe II seyogyanya harus ditangani secara serius agar tidak bertambah parah. Bahkan, dalam beberapa kasus, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian. Dengan meningkatnya penderita diabetes di seluruh dunia, harus ada kesadaran lebih tentang bagaimana cara pencegahannya.

Cara mencegah penyakit diabetes tipe 2

1. Menjaga berat badan ideal

Salah satu faktor seseorang dapat beresiko tinggi terkena diabetes adalah berat badan yang tidak ideal atau bahkan obesitas. Selain itu, terlalu banyak lemak di daerah perut akan mengurangi produksi insulin sehingga membuat Anda sangat rentan terkena diabetes. 

Untuk itu, menjaga berat badan tetap idel dan proporsional adalah cara yang tepat untuk mencegah diabetes tipe II.

2. Mengurangi asupan makanan yang manis

Anda mungkin juga beresiko tinggi terkena diabetes tipe II karena orang tua Anda juga punya riwayat terkena diabetes. Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk mengurangi makanan yang manis-manis. 

Cara ini akan mencegah Anda dari resiko terjangkit diabetes tipe II untuk sementara waktu. Bahkan, dengan diet yang tepat Anda mungkin tidak akan terkena diabetes sama sekali.

3. Memilih lemak yang tepat

Untuk mencegah diabetes tipe 2, Anda harus cermat terhadap asupan lemak dalam tubuh Anda. Konsumsilah asam lemak omega-3 karena sangat baik untuk jantung serta pencegahan diabetes. 

Selain itu, kekurangan lemak jenuh juga bisa meningkatkan peradangan dan dapat menyebabkan resistensi insulin dalam tubuh. Ganti minyak Anda dengan minyak zaitun untuk mencegah diabetes.

4. Berolahraga secara teratur

Berolahraga sangat baik bagi kesehatan kita karena dapat menjaga metabolisme dalam tubuh berjalan dengn baik. Olahraga tidak harus berat, Anda cukup menjaga tubuh Anda tetap aktif bergerak, seperti jogging atau sekedar berjalan menaiki tangga.

5. Jaga pola makan

Beberapa rempah-rempah seperti kayu manis dan lada hitam memiliki sifat mencegah diabetes. Anda dapat menambahkan rempah-rempah ke dalam diet Anda untuk mencegah potensi diabetes.

Mengkonsumsi makanan yang seimbang dengan kombinasi buah dan sayuran juga mampu meningkatkan kesehatan Anda serta terhindar dari diabetes tipe 2

Sekian ulasan tentang cara mencegah diabetes secara alami. Pepatah lama mengatakan, ‘mencegah itu lebih baik daripada mengobati’ dan jika Anda dapat melakukan beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup Anda, resiko diabetes akan jauh dari Anda.

Photo Courtesy: 4774344sean ©crestock.com